Rabu, 01 Juli 2020

Perjalanan Baru dimulai................

      
Saya mulai tulisan ini dengan بِسْـمِ اللهِ الرَّحْـــمَنِ الرَّحِيْــمِ
Saya sendiri tidak begitu ingat darimana saya mengenal IGI hingga saya menjadi anggota didalamnya, tapi yang yang saya ingat saya sudah terdaftar sejak tahun 2017, Selama itu pula saya hanya mengikuti satu diklat daring yaitu SAGUSABLOG 11. Guru yang selalu membantu membimbing saya saat diklat waktu itu ibu Dewi Setiawati dan Ibu Saryanti Sjarif hingga akhirnya saya LULUS.
    Inilah diklat daring saya yang pertama kali, bukanlah hal mudah bagi saya untuk menyelesaikannya, dimana saat itu anak saya masih bayi dan sakit.Tentu Pengalaman itu sangat bearti dan luar biasa, namun sejak itu saya tidak aktip di IGI, Blog yang sudah saya buatpun kembali sunyi seperti kuburan😢.Jangankan orang lain saya sendiri pemilik blok tidak pernah mengunjunginya.  Saya hanya membaca dan menyimak di Group WA IGI SUMSEL jika terasa saya suka. Terlintas dihati saya orang-orang IGI sepertinya semua orang pintar dan hebat hingga sering kali saya tidak berani untuk mengemukakan pendapat digroup saat admin group mengangkat suatu tema untuk dibahas bersama. Rasa khawatir dibulli atau sejenisnya.(hmmm mungkin itu juga perasaan siswa yang terkadang tidak banyak bicara dikelas yaaa...😌😂)..tapi jangan berpikir seperti saya ya teman teman👱
       Perjalanan selanjutnya bermula dari Covid 19, Ketika pemerintah mengumumkan belajar disekolah /diliburkan 17 Maret 2020 Untuk Kota Palembang, Disinilah Perjalanan Baru dimulai   Kembali hati terusik untuk mengikuti kegiatan IGI Kenapa IGI ?  yaaa..karena IGI yang selalu saya lihat mengupdate semua berita pendidikan apalagi di masa pandemic corona saat pertama kali masuk ke Indonesia. Seperti pada tanggal 30 Maret 2020 IGI Sumsel mulai melaksanakan Diklat Daring Ujian Online Berbasis Android Examora Gelombang ke-1. Walau saat itu saya belum bisa mengikutinya. Ketidak tahuan  saya dengan IT Membuat saya memaksakan diri untuk mulai upgrade ilmu didunia tekhnologi. Karena  saya sendiri sebagai guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan siswa  secara daring dengan menggunakan chat WA. Mengapa memakasakan diri ?....Jujur memang seperti itu adanya, dari terpaksa akhirnya saya terbiasa dan menyukai setiap tantangan tantangan yang ada dalam setiap diklat daring.
    Rasa Penasaran itu mengkhantarkan saya pada diklat  ke-8 saat ini selama pandemic corona di Indonesia. Berikut nama nama diklat yang sudah diikuti Dengan kesannya yang tentu sama sama mempunyai sensasi sendiri:
  1. Diklat Daring Google Classroom Gelombang ke 1 (13 s.d 18 April 2020) Pelaksana IGI Wilayah Sumatera Selatan.
  2. Diklat Daring Pemanfaatan Quizizz (19 s.d 24 April 2020) Pelaksana IGI Wilayah Sumatera Selatan.
  3. Diklat Daring Ujian Online Berbasis Android Gelombang ke 3 (2 s.d 7 Mei 2020) Pelaksana IGI Wilayah Sumatera Selatan.
  4. Diklat Daring Pemanfaatan Ispring Gelombang ke 1 (12-16 Mei 2020) Pelaksana IGI Wilayah Sumatera Selatan 
  5. Diklat Daring 1 Guru 1 Aplikasi Android  Kelas Dasar Gelombang ke 3 (3 s.d 7 Juni 2020 ) Pelaksana IGI Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan.
  6. Diklat Daring SAGUSANOV Kinemaster 59 ( 1 s.d 13 Juni 2020 ) Pelaksana Kanal IGI SAGUSANOV.
  7. Diklat Daring SAGUSABLOG Dasar 42 (14 s/d 20 Juni 2020) Pelaksana Kanal IGI SAGUSABLOG.
  8. Diklat Daring 1 Guru 1 Aplikasi Android  Kelas Lanjut Gelombang ke 1 ( 17 s.d 21 Juni 2020) Pelaksana IGI Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan.
    Semakin kesini diklat daring semakin menjadi primadona, dicari-cari para guru yang mau berinovasi, karena entah kapan pandemic akan berakhir, dan waluapun berkahir guru tetap dituntut mengupgrade ilmunya. Yaaa.... Perjalanan baru dimulai..... dan Insyaallah Blog ini tak akan sepi dan sunyi seperti Blog pertama saya yang akhirnya hilang bersama sang waktu. Inilah wujud komitmen saya terhadap pelatihan SAGUSABLOG Dasar 42 dan SAGUSABLOG 43 Lanjutan 43 yang akan berlangsung tanggal 1 s/d 7 Juli 2020 mendatang . Dan Ucapan terima kasih Kepada Ibu Eka Fitriani telah memberi support dan  memberanikan saya untuk belajar menulis dengan segala keterbatasan saya.👩.
        Bagi teman teman yang mau mendaftar di IGI klik https://anggota.igi.or.id/pendaftaran.php dan setelah mendaftar IGI, Silahkan mengikuti kegiatan Diklat IGI secara Online di https://gurupembelajar.igi.or.id/home/kegiatan/193, dengan mengklik diklat online yang diinginkan.

Terima kasih atas waktunya telah membaca artikel ini,
Jazakumullah Khoirn😙💕




 


0 komentar:

Posting Komentar